Kabar Emas
5 Jul 2024

Galeri 24, Bisa Beli Emas dari Rumah

Bagikan
article-cover-images/c8349d73a8ca8ac9961a5a0dc879b32b

Layanan beli emas online di Galeri 24 memiliki beragam kelebihan dan layanan terbaiknya. Produk emas hingga saat ini memang masih menjadi instrumen investasi yang diklaim paling minim risiko, cenderung lebih menguntungkan karena nilainya yang selalu naik setiap tahunnya. Apalagi sekarang untuk membeli emas sudah tersedia layanan secara offline maupun online sehingga bisa dilakukan oleh semua kalangan dari berbagai tempat dengan mudah, cepat dan lebih fleksibel. 

Sejarah Cara Transaksi Jual Beli

Sebelum kita mengenal uang yang digunakan sebagai alat tukar, transaksi jual beli dilakukan dengan metode barter. Barter adalah jenis pertukaran barang dan/ atau jasa untuk mendapatkan jenis barang dan/atau jasa yang diinginkan. Contoh sederhananya adalah untuk menukar satu kilo beras dengan sekantong kacang hijau, atau menukar jasa mengerjakan sawah dengan satu karung beras. 

Metode pembayaran tersebut sudah dimulai sejak puluhan ribu tahun yang lalu dan masih digunakan hingga awal zaman modern. Kemudian terjadi kendala ketika ada dua pihak ingin melakukan pertukaran namun belum bersepakat dengan nilai pertukaran yang diberikan. 

Setelah itu muncul sistem commodity currency, yaitu menggunakan metode pertukaran barang namun dengan syarat barang tersebut harus sudah diterima secara umum sebagai media pertukaran dengan standar nilai secara umum. 

Misalnya, masyarakat sejak dahulu bersepakat bahwa emas bisa digunakan secara langsung untuk membeli barang atau jasa sesuai kesepakatan. Namun selain itu, emas juga mempunyai kegunaan lainnya yaitu bisa dipakai sebagai perhiasan atau pajangan hiasan yang memiliki nilai tinggi. Semakin berkembangnya kebutuhan manusia, mulai dikembangkan alat tukar yang lebih efektif dan efisien sekaligus terukur yaitu uang. 

Bentuk uang dari sejak muncul pertama kali hingga kini pun terus mengalami perkembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sebagai penggunanya. Bentuk uang pun lebih beragam, dari mulai uang kartal yang terdiri dari dua jenis yaitu uang logam dan uang kertas. Baru setelah kemerdekaan RI diterbitkan ORI atau Oeang Republik Indonesia. 

Penggunaan uang kartal atau uang tunai dirasa lebih fleksibel dan praktis untuk melakukan transaksi jual beli. Namun seiring berjalannya waktu kini penggunaan uang tunai mulai berkurang karena dianggap tidak aman dan rawan tindak kriminal. Hal tersebut itulah yang kemudian memberikan inovasi membuat alat pembayaran non-tunai yang lebih efisien dan praktis. 


 Ada beberapa alat pembayaran non-tunai yang kini mulai banyak digunakan masyarakat masa kini:  

- Paper based contohnya cek, bilyet dan giro  

- Card based contohnya kartu debet dan kartu kredit  

- Electronic based contohnya uang elektronik seperti e-wallet atau dompet digital  

 Semakin canggihnya alat dan metode pembayaran, kini masyarakat semakin mudah untuk melakukan transaksi beli emas online dengan memanfaatkan alat pembayaran digital yang tersedia. Anda pun tak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak untuk membeli emas di toko emas terdekat dari tempat tinggal. Dengan menggunakan HP yang dimiliki. 

Anda pun sudah bisa memilih model, bentuk dan berat emas yang ingin dibeli, memesannya secara online kemudian melakukan pembayaran melalui mobile banking atau alat pembayaran digital yang digunakan. 

Setelah itu, Anda tinggal menunggu emas yang dibeli dikirimkan ke alamat yang dicantumkan dengan mudah dan lebih aman pastinya. Pembelian emas yang dilakukan secara online harus dipastikan dilakukan di outlet atau toko emas yang terpercaya untuk menghindari praktik penipuan berkedok toko emas. Jika Anda membeli emas di Galeri 24 maka sudah dipastikan lebih jelas dan terpercaya karena berada di bawah pengawasan OJK serta memiliki legalitas badan  dan standar mutu yang jelas . 

Awal Mula Emas Menjadi Objek Transaksi 

Awal mula emas menjadi objek transaksi adalah sekitar pada tahun 700 sebelum Masehi, di mana periode tersebut dipercaya menjadi periode pertama ditemukannya koin emas. Mulai saat itu mulai digunakan koin emas menjadi mata uang untuk menggantikan aturan barter yang berlaku saat itu. Di mana harga emas sudah bisa digunakan untuk menggantikan mata uang. 

Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, diberlakukan sistem penetapan nilai emas yang disebut dengan Gold Standard. Dimana Gold Standard adalah sebuah sistem yang dibuat oleh berbagai negara untuk menentukan nilai mata uangnya dalam jumlah emas tertentu. Disebutkan dalam sebuah situs resmi dari World Gold Council, bahwa Inggris dan beberapa negara koloninya mulai menetapkan penggunaan Gold Standard untuk menjadi acuan nilai mata uang di negara mereka. 

Sejak saat itu, nilai dan harga emas mulai ditetapkan dalam satuan ons kemudian disesuaikan nilainya ke dalam berbagai mata uang utama yang digunakan di seluruh dunia. Dari mulai waktu itu, emas mulai diperdagangkan secara bebas di seluruh dunia, bahkan kini juga tersedia layanan beli emas online

Emas Alat Pertukaran Tertua di Dunia 

Emas merupakan jenis  logam mulia  yang dijadikan alat pertukaran atau pembayaran tertua di dunia. Selain sebagai alat transaksi, emas juga bisa menjadi alat untuk menentukan nilai tukar dengan mata uang dari negara lain dalam proses transaksi yang dilakukannya dan tanpa menggunakan layanan bank. Emas dianggap menjadi satu alat tukar yang mempunyai nilai lebih tinggi dibandingkan perak karena alasan berikut: 

- Mempunyai nilai intrinsik yang jelas  

- Lebih nyaman dan praktis untuk digunakan, dibawa dan disimpan  

- Bisa dilakukan pengukuran secara konsisten  

- Mempunyai daya tahan yang tinggi  

- Bisa dipecah tanpa harus mengurangi nilai yang terkandung di dalamnya 

Transaksi Pembelian Emas di Masa Kini 

Diketahui emas menjadi salah satu instrumen investasi yang mempunyai nilai cenderung stabil bahkan naik di setiap tahunnya. Bahkan nilai emas diketahui tak mudah goyah jika terjadi inflasi sekalipun. Hal itulah yang membuat masyarakat kini mulai antusias untuk berinvestasi dengan membeli emas dalam berbagai bentuknya. 

Saat ini kita bisa membeli emas dalam berbagai bentuknya secara offline maupun online. Anda bisa melakukan transaksi beli emas online menggunakan layanan  website Galeri 24, melalui aplikasi Pegadaian Digital, membeli melalui official store  Galeri 24 di  marketplace  seperti Shopee, Tokopedia dan Bli Bli  yang menyediakan koleksi emas dan perhiasan berkualitas secara  online. Berikut cara mudah untuk membeli emas secara online dengan aman dan terpercaya: 

1. Marketplace 

Sudah tersedia banyak marketplace ternama dan terpercaya seperti Tokopedia, Bli Bli dan Shopee. Untuk melakukan pembelian Anda bisa memasukkan kata kunci misalnya “Galeri 24” di kolom penelusuran marketplace yang dipilih kemudian tunggu hingga tampil toko online Galeri 24. 

Melakukan transaksi beli emas online di marketplace bukan hanya lebih hemat waktu dan tenaga karena bisa dilakukan secara online dari mana saja, namun juga memiliki pilihan metode pembayaran yang beragam sekaligus bisa memilih layanan ekspedisi yang terpercaya. 

2. Website resmi 

Cara membeli emas  di masa kini yang kedua adalah melalui website resmi dari toko emas online yang dipilih. Untuk melakukannya adalah dengan berkunjung ke website resmi toko emas online kemudian melihat produk emas dan perhiasan yang ditampilkan di etalase produk. Selanjutnya untuk pembelian dan pembayaran bisa dilakukan dengan menghubungi customer service toko emas online yang dituju. 

3. Outlet atau toko emas offline 

Dan cara yang ketiga adalah dengan membeli emas di outlet atau toko emas offline yang terdekat dari tempat tinggal Anda. Ada beberapa keuntungan ketika membeli emas secara offline dan langsung di outlet yang terdekat. Diantaranya adalah bisa melihat langsung kondisi fisik dari emas yang akan dibeli dan membawanya pulang setelah Anda membelinya. 

Untuk melakukan transaksi beli emas online di toko emas ataupun outlet Galeri 24 disarankan untuk membawa kartu identitas diri yang masih berlaku. Galeri 24 sendiri sudah memiliki outlet cabang resmi berjumlah  lebih dari 80 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Koleksi emas dan perhiasan yang dimiliki Galeri 24 merupakan jenis emas dari berbagai brand terpercaya seperti  Galeri 24,  Antam, Lotus Archi , UBS dan masih banyak brand ternama lainnya. 

Tata Cara Transaksi Emas Secara Online 

Untuk Anda yang ingin melakukan transaksi jual beli emas online direkomendasikan untuk memilih Galeri 24 sebagai tempat transaksi emas yang aman dan terpercaya. Berikut ini adalah beberapa tata cara untuk membeli emas di website maupun marketplace Galeri 24: 

- Kunjungi website resmi Galeri 24 yang ada di https://kataloggaleri24.com/  

- Kemudian setelah masuk ke halaman utama website Galeri 24, pilih menu “Shop” yang ada di sebelah atas halaman utama website  

- Pada menu tersebut akan tampil beragam produk emas dan perhiasan yang ditawarkan oleh Galeri 24  

- Pilih setiap jenis produk emas yang tersedia untuk melihat koleksi dan detail terperinci dari setiap produk emas serta perhiasan yang tersedia stoknya  

- Pilih produk emas yang akan dibeli, pastikan detail produk sudah sesuai dengan yang Anda inginkan seperti berat dan ukuran emas, kemudian ikuti petunjuk pembelian yang ada  

- Anda akan diarahkan untuk melakukan check out transaksi beli emas online setelah mengisi data diri yang terdiri dari nomor ponsel, alamat pengiriman, foto bukti identitas diri dan alamat email  

- Segera lakukan pembayaran maksimal dalam jangka waktu 2 jam sejak check out dilakukan  - Tunggu hingga ada konfirmasi pembelian dari pihak Galeri 24 lalu tunggu proses pengiriman dilakukan  

- Anda tinggal menunggu produk emas dikirimkan ke alamat yang sebelumnya sudah diberikan pada pihak Galeri  

- Adapun untuk biaya pengiriman dan biaya pembayaran digital ditanggung oleh pihak pembeli 

Kesimpulan 

Kemudahan untuk membeli produk emas dan perhiasan sebagai salah satu instrumen investasi merupakan hasil pengembangan teknologi masa kini. Kini masyarakat bisa membeli produk emas secara online dari Galeri 24 yang menyediakan produk emas dan perhiasan yang lengkap, berkualitas sekaligus terjamin keasliannya. Hal tersebut dikarenakan Galeri 24 memiliki pabrik tersendiri berupa sebuah workshop yang memproduksi langsung emas dengan desain eksklusif dan dengan senantiasa memperhatikan kualitas emas serta beratnya dengan baik. 

Maka bisa disimpulkan dengan membeli emas dan perhiasan di Galeri 24 akan memberikan investasi emas tanpa was-was karena memperoleh produk emas yang lebih berkualitas sekaligus berbeda dari produk emas lainnya. Segera dapatkan emas terbaik untuk investasi Anda dengan melakukan transaksi beli emas online di Galeri 24. 

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah, Galeri 24 menyediakan layanan call center yang dapat dihubungi bila ada pertanyaan atau keluhan mengenai produk atau pelayanan baik secara online maupun offline. Adapun nomor yang bisa dihubungi terkait hal tersebut adalah sebagai berikut:  

- Call Center 

021 - 3104506 021-21235777  

Whatsapp Call Center & Complaint Handling 

081112202424

-    WBS (Whistle Blowing System

Telp./WA: 081119002444   

Email : wbsplg24@galeri24.co.id 

Url : bit.ly/WBSG24