Kabar Emas
22 Mei 2024

Kenapa Kita Harus Punya Emas?

Bagikan
article-cover-images/7d737d02f1407fd85605e26575bf3de3

Emas sudah sejak lama memiliki peminat yang tinggi. Selain dianggap sebagai simbol status seseorang, memiliki emas juga bisa jadi tabungan darurat sehingga banyak yang tertarik dengan investasi emas.  Menabung emas pun mulai banyak dilakukan, baik itu orang tua maupun dari kalangan anak-anak muda. Ada beberapa alasan sebaiknya Anda memiliki tabungan emas. 

Alasan Kenapa Anda Harus Memiliki Tabungan Emas 

Emas yang dulunya dijadikan sebagai alat transaksi ini sekarang banyak diminati untuk tabungan darurat maupun investasi. Kenapa harus emas? 

1. Nilai Investasi 

Salah satu alasan untuk memiliki emas adalah logam berharga ini memiliki nilai investasi. Ya, dengan nilai yang cenderung meningkat setiap tahunnya membuat emas bisa jadi alternatif bagi mereka yang ingin berinvestasi. 

Apalagi untuk mereka yang masih pemula atau baru belajar investasi, emas bisa jadi instrumen pilihan yang menarik. Harganya yang cenderung stabil dan bahkan meningkat membuat emas dianggap lebih aman daripada investasi lain seperti saham, obligasi, crypto atau properti. 

Investasi emas juga bisa dilakukan siapa saja tanpa harus memiliki keahlian khusus. Anda cukup membeli emas, lalu menyimpannya atau menjual ketika harganya lebih tinggi dari harga belinya. Tidak perlu analisa mendalam seperti investasi saham atau lainnya.  

 Sebagai instrumen investasi, emas menawarkan keuntungan dari nilainya yang terus meningkat dan juga minim risiko. Emas dianggap sebagai instrumen investasi yang kebal terhadap berbagai kondisi ekonomi, baik itu inflasi maupun deflasi.  

Dengan adanya nilai investasi yang ditawarkan emas, bisa dipertimbangkan bagi Anda untuk mulai menabung dan memiliki emas. Dalam jangka panjang, emas masih dapat memberikan Anda imbal hasil investasi yang cukup layak. 

2. Perlindungan Nilai 

Alasan lainnya memiliki emas adalah sebagai perlindungan nilai aset Anda. Emas merupakan salah satu pilihan yang paling banyak diminati masyarakat untuk lindung nilai (hedging) karena cukup sederhana. 

Semua orang bisa membeli emas untuk mengamankan aset mereka tanpa kendala berarti. Bahkan sekarang membeli emas sudah sangat mudah, di toko banyak dan bisa juga beli online. Anda bisa pilih sendiri sesuai preferensi. 

Memiliki emas dapat melindungi aset Anda dalam mengantisipasi risiko inflasi dan ketidakpastian kondisi global. Saat inflasi naik akan berdampak pada nilai mata uang turun. Namun, pada kondisi tersebut justru harga emas bisa naik. 

Hal ini membuat emas sebagai safe heaven dapat memberikan perlindungan nilai dan bahkan menguntungkan dibanding Anda menabung uang atau deposito. Selain tahan inflasi, emas juga disebut-sebut sebagai investasi yang aman dari deflasi. 

Meski tidak ada ketegangan geopolitik atau krisis ekonomi, harga emas masih bisa naik. Hal tersebut karena emas memiliki peminat dan permintaan yang tinggi di pasar. Jadi, meskipun harga-harga komoditas sedang turun, nilai emas cenderung stabil dan bahkan meningkat. 

3. Keanekaragaman Portofolio Investasi 

Dalam dunia investasi, penting untuk memiliki portofolio investasi yang beragam. Emas bisa jadi pilihan sebagai strategi diversifikasi investasi Anda. Diversifikasi adalah membagi aset pada beberapa instrumen investasi, misalnya saham dan emas. 

Tujuan dari diversifikasi investasi atau aset diperlukan untuk menyeimbangkan risiko. Apabila ada salah satu investasi yang nilainya turun, maka Anda masih memiliki investasi lain yang nilainya aman. 

Emas ini bisa jadi pilihan untuk diversifikasi investasi karena nilainya yang cenderung stabil. Dengan memiliki investasi emas, Anda dapat mengurangi risiko investasi secara keseluruhan. 

Emas termasuk investasi yang memiliki risiko sangat rendah sehingga paling cocok untuk diversifikasi investasi saham atau investasi dengan risiko tinggi. Ketika pasar saham turun, Anda yang memiliki emas tidak akan terlalu merugi karena pergerakan harga emas yang meningkat. 

Jadi, belum terlambat untuk Anda mulai mengoleksi emas sebagai diversifikasi investasi. Anda dapat melakukan strategi ini dengan menyesuaikan profil risiko atau risk profile untuk hasil yang maksimal dalam jangka panjang. 

4. Memberikan Rasa Aman dan Percaya Diri 

Pergerakan harga emas yang lebih cenderung naik daripada turun membuat pemilik emas merasa aman dalam menyimpan aset mereka. Emas bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang maupun sebagai dana darurat di masa depan. 

Dengan tabungan emas, dapat memberikan rasa aman secara finansial. Emas memiliki tingkat likuiditas yang tinggi sehingga lebih mudah dicairkan apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana cepat dalam bentuk uang tunai. 

Selain itu, memiliki emas juga bisa memberikan rasa percaya diri. Emas yang kerap dikaitkan dengan status sosial seseorang, membuat emas banyak diminati untuk dikoleksi. Anda bisa investasi emas dalam bentuk emas logam mulia maupun perhiasan emas. 

Emas logam mulia atau emas batangan memiliki nilai yang stabil dan cenderung meningkat. Ketika Anda menjualnya kembali, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari emas tersebut. 

Sedangkan emas dalam bentuk perhiasan, nilainya akan tetap baik selama Anda bisa menyimpan sertifikat aslinya dan menjaga fisik emas dengan baik. Anda mungkin setuju jika emas ini bisa dijadikan pilihan menarik untuk berhias sambil menabung. 

Keuntungan Memiliki Emas 

Selain fluktuasi harga, selisih harga beli dan buyback membuat emas bisa jadi pilihan untuk investasi. Dengan investasi emas, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. 

1. Emas Sebagai Lindung Nilai 

Emas secara umum dianggap sebagai lindung nilai yang cukup baik saat kondisi geopolitik dan ekonomi yang tindak menentu. Misalnya, saat nilai mata uang merosot akibat inflasi, harga emas cenderung menjadi lebih mahal. Pemilik emas akan terlindungi dari kerugian yang terlalu besar karena inflasi tersebut. 

Lindung nilai atau hedging dengan emas ini dapat dilakukan bukan hanya para pemain pasar modal tetapi juga masyarakat secara umum. Anda bisa membeli emas untuk berjaga-jaga dan melindungi aset di masa depan. 

Emas dinilai sebagai aset yang kebal terhadap inflasi sehingga banyak investor yang menambahkannya dalam portofolio investasi. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi apabila nilai saham, obligasi, real estate atau aset lainnya merosot. 

Alasan emas bisa dijadikan sebagai lindung nilai adalah aset ini tidak terpengaruh krisis perbankan. Emas juga terbebas dari risiko perubahan suku bunga maupun kebijakan pemerintah lainnya. Maka dari itu, emas disebut-sebut sebagai aset safe heaven. 

Anda bisa memanfaatkan investasi emas untuk melindungi aset secara keseluruhan tanpa terpengaruh oleh gejolak pada aset atau investasi lain. Emas dapat menjadi aset yang tetap bernilai untuk mempertahankan kekayaan Anda di tengah perubahan ekonomi yang begitu cepat. 

2. Emas sebagai Aset Tangible 

Emas dikategorikan sebagai aset tangible atau aset berwujud karena memiliki sifat fisik yang dapat dilihat dan diraba. Anda bisa melihat dan memegang fisik emas yang memastikan Anda benar-benar memiliki aset tersebut. 

Anda dapat memiliki aset ini berupa emas batangan, emas perhiasan, koin emas dan emas fisik lainnya. Sebagai aset berwujud, emas bisa jadi investasi yang dapat diwariskan ke anak cucu. Anda dapat dengan mudah membagi emas warisan karena memiliki fisik dan ukurannya. 

Selain untuk warisan atau investasi emas, logam mulia yang memiliki wujud fisik ini juga bisa dijadikan sebagai jaminan atau agunan. Misalnya, Anda membutuhkan pinjaman, emas bisa dijadikan jaminan di pegadaian atau lembaga pemberi pinjaman lainnya. 

Bukan hanya di kalangan masyarakat, emas sebagai jaminan juga banyak dilakukan di lingkup pemerintahan. Salah satunya pada awal tahun 1990-an yang mana pemerintah India menggunakan cadangan emas mereka untuk jaminan utang kepada IMF atau Dana Moneter Internasional. 

Memiliki emas dapat memberikan rasa aman dan nyaman karena fisik emas yang tidak mudah berubah bentuk maupun ukurannya. Selain disimpan, Anda juga bisa menggunakan emas sebagai penunjang penampilan. Emas fisik berupa perhiasan dapat menunjukkan prestise atau status ekonomi pemiliknya. 

3. Potensi Kenaikan Nilai Aset 

Dari catatan historis, emas tidak pernah kehilangan nilainya. Hal tersebut karena emas tidak pernah sepi peminat. Emas adalah salah satu logam mulia dengan nilai transaksi yang tinggi sehingga nilai intrinsik dari aset ini cukup terjaga. 

Harga emas cenderung stabil dan bahkan meningkat di hampir segala kondisi ekonomi. Pasokan emas di dunia yang terbatas memberikan stabilitas harga dan nilai dalam jangka panjang. Harga emas juga memiliki kecenderungan tidak berkorelasi dengan aset-aset lain seperti saham, obligasi dan properti. 

Ketika nilai aset lain ini mengalami penurunan, nilai emas cenderung meningkat atau setidaknya harga emas tetap stabil. Dalam jangka pendek mungkin harganya berfluktuasi, tetapi dalam jangka panjang harga emas cenderung naik. 

Oleh sebab itu, emas sangat cocok untuk dimiliki sebagai investasi jangka panjang. Dengan potensi kenaikan nilai emas ini, Anda bisa menambah nilai aset Anda dari waktu ke waktu. 

4. Likuiditas 

Salah satu keuntungan menabung emas adalah likuiditas logam mulia ini yang tinggi. Emas sangat mudah diperjualbelikan di pasar komoditas atau di penjual emas biasa. Dengan likuiditas yang tinggi, Anda tidak akan kesulitan untuk mengonversi emas ke dalam bentuk uang tunai. 

Keunggulan ini yang paling disukai investor untuk memiliki emas. Pemilik dapat menjual emas dengan proses yang mudah dan cepat. Maka dari itu, investasi emas ini akan sangat membantu jika Anda memiliki keperluan yang mendesak. 

Bahkan sekarang jual-beli emas bisa dilakukan secara digital. Tidak sampai satu hari Anda bisa mendapatkan hasil pencairan emas ini dan memperoleh keuntungannya. Keuntungan yang Anda dapatkan adalah selisih dari buyback dengan harga beli emasnya. 

Kesimpulan 

Jadi, secara umum emas memiliki nilai yang stabil dan cenderung meningkat serta tingkat likuiditas tinggi. Fisik emas juga tidak mudah mengalami perubahan bentuk dan kualitas sehingga Anda dapat memperoleh imbal hasil yang baik dari investasi. 

Logam mulia ini bisa Anda beli dengan mudah di Galeri 24. Emas Galeri 24 dari PT Pegadaian menawarkan beragam produk berkualitas, seperti: 

1. Emas Batangan 

Produk emas murni yang cocok untuk investasi. Anda bisa membeli emas batangan di Galeri 24 dalam berbagai pilihan kadar gramasi yang bervariasi. 

2. Perhiasan Emas 

Galeri 24 juga menghadirkan emas dalam bentuk perhiasan seperti cincin, kalung, liontin, anting dan gelang. Dengan desain modern dan terbaru untuk menyempurnakan penampilan Anda. 

3. Emas Suvenir 

Selain emas batangan, Anda bisa investasi emas dengan membeli produk turunan seperti emas suvenir di Galeri 24. Emas logam mulia yang dikemas praktis dan menarik, cocok untuk hadiah ulang tahun, pernikahan dan lain-lain.