Kabar Emas
30 Apr 2024

Mengenal Emas Batangan: Investasi yang Ramai Diperbincangkan di Masa Krisis

Bagikan
article-cover-images/8ee937b26890cf00050230b9ca7b89f9

nvestasi dengan emas batangan kini semakin populer yang banyak dilakukan oleh orang tua maupun generasi milenial. Kesadaran akan pentingnya investasi dan semakin beragamnya cara investasi emas, membuat komoditas logam mulia ini semakin diminati.

Dulu, investasi emas harus dimulai dengan membeli emas secara konvensional melalui toko emas. Sekarang semua orang bisa membeli emas secara online yang lebih mudah. Konsepnya, Anda menyetor sejumlah uang dan akan dikonversikan menjadi beberapa gram emas sesuai harga emas di pasaran.

Manfaat Memiliki Emas Batangan

Logam mulia ini merupakan produk emas murni yang memiliki kadar emas paling tinggi yakni 24 karat atau 99,99 persen. Semakin banyak orang yang tertarik membelinya sebagai investasi. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

1. Nilai Emas yang Stabil

Harga emas lebih tahan terhadap inflasi, tidak seperti instrumen lain. Meski kondisi ekonomi sedang terpuruk, emas cenderung stabil dan bahkan bisa naik. Emas kerap dijadikan alternatif untuk diversifikasi aset dan meminimalisir risiko kerugian akibat pasar yang lesu.

Selama bertahun-tahun, emas menjadi salah satu instrumen investasi yang terbukti aman sehingga disebut sebagai safe heaven. Hampir tidak ada risiko kerugian karena seiring berjalannya waktu, harga emas akan mengalami peningkatan.

2. Bisa Pilih Gramasi

Dulu, emas yang sebagai logam mulia diperdagangkan per kilo. Sekarang, logam mulia diperdagangkan per batang dengan pilihan gramasi mulai dari 1 gram pun sudah ada. Ini cocok bagi investor pemula, seperti kalangan pelajar atau mahasiswa yang ingin belajar investasi.

Harga emas batangan untuk 1 gram sekitar Rp 1 jutaan membuat logam mulia ini semakin terjangkau untuk banyak orang. Anda bisa mulai menabung atau investasi emas dengan nominal paling kecil sesuai kemampuan.

3. Mudah Dicairkan

Selain itu, emas juga mudah dicairkan kembali jika Anda membutuhkan dana darurat atau dana cepat. Uang yang akan didapatkan bukan dari harga emas yang Anda beli, tetapi menggunakan harga emas terbaru. Jika harga emas sedang naik, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan emas tersebut.

Investasi emas batangan menawarkan tingkat likuiditas yang tinggi. Anda bisa menjual kembali emas berbentuk batangan ini di toko emas hingga pegadaian dengan proses yang mudah dan cepat.

4. Bisa Jadi Jaminan

Keuntungan lainnya adalah emas dapat digunakan sebagai jaminan di beberapa lembaga keuangan. Ini bisa jadi alternatif jika Anda membutuhkan dana mendesak tetapi tidak bersedia untuk menjualnya.

Emas berbentuk batangan mudah diterima sebagai jaminan ketika Anda membutuhkan pinjaman. Sekarang bahkan ada fasilitas kredit yang menggunakan jaminan tabungan emas.

5. Mempunyai Dana Darurat

Apa yang terjadi jika tiba-tiba sakit atau tidak bisa bekerja dalam waktu lama? Anda mungkin perlu menggunakan dana darurat agar tetap bisa mencukupi kebutuhan tanpa harus meminjam dari orang lain.

Dana darurat ini bisa Anda siapkan berupa tabungan emas. Sifat emas batangan yang mudah dicairkan kapan saja akan sangat membantu ketika Anda membutuhkan dana darurat. Selain dijual, Anda juga bisa menggadaikan emas jika butuh uang cepat.

6. Mandiri Secara Finansial

Membeli emas juga memberikan ketenangan untuk Anda mempersiapkan finansial di masa depan. Emas berupa logam mulia ini bisa jadi tabungan masa depan untuk pensiun, biaya pendidikan anak, biaya pernikahan, dan impian besar Anda lainnya.

Memilih Emas Batangan untuk Investasi

Emas tidak hanya populer sebagai perhiasan, tetapi emas berbentuk batangan juga banyak dijadikan investasi. Ada beberapa tips yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum berinvestasi pada logam mulia ini.

1. Pastikan Tujuan Investasi

Sebelum investasi pada aset apapun, alangkah baiknya Anda mengetahui apa tujuan Anda berinvestasi. Misalnya, tujuan investasi emas Anda adalah untuk tabungan pensiun, pendidikan, pernikahan atau lainnya.

Dengan memiliki tujuan investasi, akan lebih mudah untuk Anda menentukan strategi dan target yang harus dicapai. Berapa gram emas yang perlu diinvestasikan dan berapa lama Anda perlu menyimpan emas tersebut hingga menghasilkan keuntungan investasi seperti yang diharapkan.

Range waktu minimal untuk menyimpan emas sebelum dijual kembali (buyback) adalah 3-10 tahun atau lebih. Hal ini karena emas mengalami peningkatan tetapi pergerakan harganya tergolong lambat. Selain itu, ada juga selisih harga (spread) antara harga beli dan buyback.

Emas batangan memang lebih direkomendasikan untuk investasi jangka menengah dan panjang. Anda juga perlu memantau harga agar dapat menentukan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual emas.

2. Tentukan Ukuran Emas yang Ingin Dibeli

Jika buyback emas sudah jelas, Anda tinggal menentukan berapa ukuran emas yang ingin dibeli. Pilihan gramasi emas yang diperdagangkan per batang sekarang sudah sangat bervariasi, mulai dari 0,5 gram hingga 1.000 gram.

Seluruh produk emas logam mulia Galeri 24 memiliki kadar emas 99,99% atau emas murni dan sudah dijamin kualitasnya dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) 8880:2020.

Khusus produk emas batangan ukuran 0,5 gram hingga 100 gram hadir dalam bentuk compact yang memudahkan penyimpanannya. Kemasannya juga menggunakan teknologi CertyEye yaitu kemasan yang dilengkapi dengan sebuah barcode khusus.

Anda bisa memindai QR Code ini untuk membantu mengecek keaslian produk. Barcode tersebut akan menampilkan informasi emas yang Anda beli.

3. Membeli Emas di Tempat yang Terpercaya

Emas sebagai barang yang bernilai tinggi kerap menjadi target pemalsuan. Bukan hanya perhiasan emas, tetapi emas berbentuk batangan juga rawan dipalsukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Emas palsu biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran dan kadar emas di dalamnya sangat sedikit.

Untuk melakukan buyback pasti harganya sangat rendah atau bahkan tidak ada yang mau membelinya. Oleh sebab itu, penting sekali untuk membeli emas di tempat-tempat yang terpercaya agar terhindar dari emas palsu.

Salah satu tempat terpercaya untuk membeli emas, baik perhiasan maupun batangan adalah Galeri 24.

Alasan Mengapa Harus Membeli Emas di Galeri 24

Mulai investasi emas Anda dengan membeli produk-produk berkualitas dari Galeri 24. Mengapa harus di Galeri 24?

1. Terverifikasi OJK

Galeri 24 sebagai perusahaan yang menyediakan jual-beli emas untuk investasi telah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Anak Perusahaan dari PT Pegadaian

Galeri 24 adalah anak perusahaan PT Pegadaian yang ditunjuk khusus melayani penjualan emas. Sebagai cabang dari perusahaan BUMN, tentu lebih terjamin produknya.

3. Gerai Mudah Ditemukan

Bingung dimana jual emas batangan? Seluruh outlet Galeri 24 melayani pembelian dan buyback emas untuk semua produk buyback Galeri 24, seperti logam mulia ini.

Yuk, mulai investasi emas bersama Galeri 24 dengan berbagai produk berkualitas. Galeri 24 menawarkan produk emas dengan acuan harga yang jelas dan tentunya bersaing, baik untuk emas batangan maupun produk turunan emas lainnya.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah, Galeri 24 menyediakan layanan call center yang dapat dihubungi bila ada pertanyaan atau keluhan mengenai produk atau pelayanan baik secara online maupun offline. Adapun nomor yang bisa dihubungi terkait hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Call Center 021 - 3104506 021-21235777
  • Whatsapp Call Center & Complaint Handling 081112202424
  • WBS (Whistle Blowing System) Telp./WA: 081119002444 Email : wbsplg24@galeri24.co.id Url : bit.ly/WBSG24