Kabar Emas
13 Mei 2024

Perbedaan Antara Berlian Alami dan Berlian Sintetis

Bagikan
article-cover-images/959e5a4fcbaa1727702fc69e3f1b611f

Berlian alami adalah batu permata yang sangat berharga dan terkenal di dunia karena terdiri dari karbon murni dengan proses kristalisasi pada tekanan dan suhu ekstrem di dalam tekanan bumi. Di pasaran selain ada berlian asli, juga ada berlian buatan yang mana cara terbentuknya sangat berbeda.

Selain dilihat dari cara terbentuknya, berlian asli dan buatan juga bisa dilihat keasliannya karena memiliki karakteristik yang berbeda. Nah, untuk melihat perbedaan berlian asli dan buatan secara lengkap, bisa Anda simak penjelasan di bawah ini.

Proses Pembuatan Berlian Buatan

Umumnya proses pembuatan berlian buatan akan menggunakan 3 metode utama, yaitu:

1. HPHT (High Pressure High Temperature)

Metode yang pertama akan melibatkan tekanan serta suhu yang sangat tinggi agar mendapatkan kondisi yang sama di dalam bumi. Memasukkan karbon dioksida ke dalam tungku, kemudian dipanaskan sampai suhu sangat tinggi. Nantinya batu-batu berlian buatan atau sintetis terbentuk di tungku.

2. CVD (Chemical Vapor Deposition)

Metode ini akan melibatkan proses pengendapan karbon dari gas. Di dalam proses tersebut akan dilakukan dengan melewatkan gas karbon ke tungku dan sudah dipanaskan. Karbon tersebut kemudian akan terdeposit di substrat serta terbentuk lapisan berlian.

3. HPHT-CVD (High Pressure High Temperature – Chemical Vapor Deposition)

Metode terakhir menggabungkan metode HPHT dengan CVD. Proses tersebut dilakukan dengan cara memasukkan substrat ke tungku HPHT dan akan mengalirkan gas karbon melalui substratnya.

Nah, seperti itulah proses atau cara pembuatan berlian buatan atau sintetis. Biasanya berlian buatan diproduksi di dalam laboratorium atau di suatu perusahaan pembuat berlian.

Namun, sayangnya dalam proses pembuatan berlian buatan memberikan dampak buruk terhadap lingkungan karena menggunakan campuran bahan kimia yang bisa merusak lingkungan.

Kualitas dan Karakteristik Berlian Asli dan Buatan

Kualitas dan karakteristik berlian alami dan buatan bisa dilihat dari beberapa hal, yaitu:

1. Warna

Dilihat dari segi warna, berlian buatan mempunyai rentang warna lebih luas dibandingkan dengan berlian alami. Mereka bisa memproduksi warna berlian buatan dengan warna kuning, bening, biru dan lainnya.

2. Kejernihan

Berlian asli memiliki kejernihan warna dibandingkan berlian buatan, sehingga hal ini bisa memberikan nilai tambahan secara signifikan untuk berlian asli.

3. Potongan

Potongan berlian buatan memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan berlian alami. Hal ini bisa terjadi karena berlian buatan memiliki bentuk dengan minum inklusi karena proses produksinya dikontrol secara laboratorium, berbeda dengan berlian asli yang mempunyai inklusi atau cacat alami.

Nah, itulah dia beberapa karakteristik dari berlian asli dan buatan yang harus dipahami.

Perbedaan Harga dan Nilai Berlian Asli dan Buatan

Berlian asli dan buatan bisa dilihat dari harga dan nilainya:

Harga

Berlian asli, khususnya yang mempunyai kualitas baik memiliki harga lebih tinggi dibandingkan berlian buatan sebab termasuk benda langka yang proses terbentuknya secara alami di dalam bumi dengan waktu jutaan tahun.

Produksi berlian buatan dilakukan di laboratorium yang melibatkan biaya produksi, seperti energi, bahan kimia, penelitian dan bahan kimia. Meski biaya produksinya buatan lebih rendah, namun berlian asli memakan biaya riset dan pengembangan yang perlu dipertimbangkan, sehingga mempengaruhi harga jual dari berlian buatan.

Nilai

Berlian asli memiliki nilai yang lebih tinggi karena memiliki keunikan dan untuk menghargai nilai sejarah, emosional serta status berlian asli yang terbentuk secara alami.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Berlian Buatan dan Asli

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai berlian buatan dan asli adalah:

1. Cara Terbentuk atau Proses Pembuatan

Dilihat dari proses terbentuk atau proses pembuatan berlian asli dan buatan inilah yang sangat menentukan nilainya. Dimana berlian asli termasuk benda langka dengan proses pembentukan alami, sehingga mempunyai nilai yang lebih tinggi.

2. Keaslian

Berlian asli terbentuk dari proses alami, sehingga mempunyai karakteristik yang alami, seperti cacat atau inklusi. Sedangkan berlian buatan diproduksi di laboratorium yang mana diproduksi secara manusiawi sehingga dianggap produk buatan manusia.

3. Kualitas

Berlian asli mempunya cacat alami karena terbentuk secara alami, sehingga dinilai sesuai dengan sejauh mana inklusinya terlihat. Berlian buatan mempunyai kejernihan lebih baik dari asli sebab diproduksi oleh manusia yang terkontrol di laboratorium, jadi akan menghasilkan berlian dengan sedikit inklusi.

Kegunaan dan Aplikasi Berlian

Kegunaan dan aplikasi berlian alami dan buatan di dalam kehidupan sehari-hari adalah:

1. Koleksi

Umunnya berkian bisa dijadikan sebagai barang koleksi oleh sebagian masyarakat. Khususnya bagi mereka yang memiliki hobi dan kecintaan terhadap berlian.

2. Perhiasan

Berlian umumnya dijadikan sebagai perhiasan yang memiliki harga tinggi, sehingga akan membuat si pemilik atau pemakainya akan terlihat elegan.

3. Investasi

Sejumlah orang juga memanfaatkan berlian sebagai investasi yang menguntungkan karena harga pasarnya cukup stabil dan juga bisa jadi alternatif jika Anda ingin melakukan investasi.

Penggunaan Berlian Buatan di Industri Perhiasan, Manufaktur dan Teknologi

Berlian buatan mempunyai potensi yang besar di industri teknologi tinggi, seperti optik dan industri elektronik. Penggunaan berlian buatan di dalam industri perhiasan, manufaktur dan teknologi digunakan untuk berbagai macam, seperti untuk sensor, perangkat semikonduktor, pengantar panas yang efisien serta penampilan cahaya.

Keunggulan dan Kelemahan Berlian Buatan

Keunggulan

Keunggulan berlian buatan atau sintetis adalah:

1. Kualitas Bisa Terkendali

Berlian buatan memiliki kualitas yang terkendali karena produsen akan mengontrol kualitas serta karakteristik berlian yang mereka hasilkan. Mereka bisa memproduksi berlian dengan warna sesuai keinginan, kemurnian tinggi, ukuran dan bentuk spesifik.

2. Biaya Lebih Rendah

Biaya berlian buatan lebih rendah dibandingkan dengan berlian alami atau asli sebab proses terbentuknya lebih singkat dibandingkan berlian alami yang harus memakan banyak waktu.

3. Kemurnian dan Kekerasan Lebih Konsisten

Berlian buatan biasanya memiliki tingkat kemurnian yang tinggi sebab proses produksinya dikontrol secara baik.

Kekurangan

Kekurangan berlian buatan atau sintetis adalah:

1. Kontroversi etika

Sejumlah produsen biasanya ada yang memakai sumber energi yang tidak ramah lingkungan maupun bahan kimia berbahasa selama proses pembuatannya. Hal ini tentu akan melanggar etika kelestarian lingkungan.

2. Nilai Pasar Lebih Rendah

Meski berlian buatan mempunyai kemiripan fisik dengan berlian asli, namun memiliki nilai pasar lebih rendah.

3. Ketergantungan Terhadap Teknologi

Proses produksi berlian buatan tergantung dengan peralatan serta proses produksi lebih rumit. Apabila terjadi masalah pada produksi, maka pasokan berlian bisa terpengaruh.

Seperti itulah kelebihan dan kekurangan dari berlian buatan atau sintetis.

Pertimbangan Penggunaan Berlian Asli dan Buatan untuk Perhiasan

Setelah melihat seperti apa perbedaan berlian asli dan buatan tergantung dengan preferensi Anda. Anda perlu mempertimbangkan nilai anggaran, sentimental, gaya dan juga preferensi Anda untuk memilih jenis berlian yang cocok untuk dijadikan sebagai hiasan dan melengkapi penampilan.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan berlian alami dan asli secara lengkap.

Kesimpulan

Nah, itulah perbedaan antara berlian asli dan buatan dilihat dari berbagai hal, seperti harga, warna, keaslian, nilai dan sebagainya. Saat Anda ingin membeli perhiasan sebaiknya carilah sesuai dengan kondisi Anda. Pahami juga penggunaan berlian, apakah untuk investasi, perhiasan, koleksi dan yang lainnya sebelum Anda memilihnya.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah, Galeri 24 menyediakan layanan call center yang dapat dihubungi bila ada pertanyaan atau keluhan mengenai produk atau pelayanan baik secara online maupun offline. Adapun nomor yang bisa dihubungi terkait hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Call Center 021 - 3104506 021-21235777
  • Whatsapp Call Center & Complaint Handling 081112202424
  • WBS (Whistle Blowing System) Telp./WA: 081119002444 Email : wbsplg24@galeri24.co.id Url : bit.ly/WBSG24