Kabar Emas
9 Feb 2024

Tips Menabung di Masa Sulit dengan Cermat. Anti Bokek di Masa Depan!

Bagikan
article-cover-images/59fc53c5328d4164058a4bb50c8ee138

Ingin sejahtera di masa depan? Ikuti tips menabung di masa sulit di sini. Catat dan cermati, ya. Sangat layak untuk ditiru!


Di tengah kondisi ekonomi yang sulit, menjaga stabilitas keuangan pribadi bisa menjadi tugas yang menantang. Namun, dengan sedikit berpikir liar, komitmen tinggi, dan pengaturan keuangan yang bijak, Anda masih bisa menabung meski dalam masa sulit. Bukan tak mungkin, masa-masa sulit di masa sekarang bisa berbuah manis dalam beberapa bulan ke depan.


Berikut ini adalah beberapa tips menabung di masa sulit yang dapat membantu Anda mengatasi tantangan dan membangun tabungan. Simak sampai selesai, ya!


Tips Menabung di Masa Sulit


1. Buat Anggaran dan Berkomitmen!

Langkah pertama dalam tips menabung di masa sulit adalah membuat anggaran bulanan yang realistis. Rancang rincian pendapatan dan pengeluaran Anda dengan cermat. Ketahui kebutuhan pokok seperti makanan, transportasi, dan tagihan rutin, lalu alokasikan sisa uang untuk tabungan. Disiplin dan komitmen untuk mengikuti anggaran ini akan membantu Anda mengendalikan pengeluaran dan meningkatkan jumlah yang bisa ditabung setiap bulan. Tak mengapa jika jumlahnya sedikit. Jika dilakukan dengan konsisten tabungan niscaya akan terkumpul dengan cukup.


2. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Penting, ya!

Di masa-masa sulit, penting untuk mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan. Cari tahu atau evaluasi gaya hidup Anda. Temukan area di mana Anda bisa menghemat uang. Contohnya, cobalah untuk membatasi makan di luar, minumlah kopi di rumah, atau batasi hal-hal konsumtif yang tidak perlu. Mengurangi banyak pengeluaran, termasuk kecil ini secara bertahap akan membantu Anda mengumpulkan uang lebih lebih efektif.


3. Cari Uang Tambahan

Selain mengurangi pengeluaran, mencari sumber pendapatan tambahan juga bisa menjadi cara untuk menabung di masa sulit. Anda dapat mencari pekerjaan sampingan sesuai keahlian yang Anda punya. Andai harus mengeluarkan modal, pastikan Anda sudah menghitungnya dengan cermat, ya. Mempunyai uang tambahan akan sangat membantu Anda dalam menabung.


4. Mempunyai ATM Khusus

Tips menabung di masa sulit selanjutnya yaitu mempunyai ATM khusus. Alih-alih menggunakan ATM pemasukan untuk menabung, alangkah lebih baik jika Anda punya ATM khusus untuk menyimpan uang tabungan. Dengan begitu, uang tabungan bisa disimpan dan tak tercampur dengan uang lain. Setelah itu, simpanlah kartu debit di rumah agar ia tidak mudah dibelanjakan. Lalu, jangan pasang M-Banking ATM tabungan supaya Anda tidak menggunakannya.


5. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Menetapkan tujuan keuangan yang jelas dan terukur adalah kunci motivasi untuk menabung di masa sulit. Misalnya, mungkin Anda ingin mengumpulkan dana darurat yang cukup untuk mengatasi situasi tak terduga atau mungkin Anda bermimpi memiliki rumah sendiri di masa depan. Dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda akan terus termotivasi untuk menabung dan mencapainya. Kemudian, pastikan tujuan tersebut benar-benar realistis. Pasalnya, tujuan yang terlalu sulit justru akan membuat Anda gampang menyerang di tengah jalan.


6. Menabung dengan Emas

Tips menabung di masa sulit terakhir yaitu menabung dengan emas. Kenapa harus emas? Sebab, emas merupakan aset yang nilainya terus naik dari waktu ke waktu. Bila Anda berencana menabung dalam jangka waktu lama, emas jadi instrumen yang cocok. Dibanding uang yang nilainya tergerus oleh inflasi, emas nilainya akan stabil. Apalagi, pada saat ini ada emas batangan dengan satuan kecil sehingga bisa dibeli dengan harga murah.


Beli Emas di Galeri 24

Itulah beberapa tips menabung di masa sulit. Semoga bisa mencerahkan Anda, ya. Pada poin sebelumnya disebutkan kalau menabung bisa menggunakan media lain, selain uang. Ya, emas jadi alternatif sangat tepat, khususnya emas batangan. Anda bisa membeli emas batangan di Galeri 24 dengan mudah. Caranya bisa dengan datang ke gerai Galeri 24 yang sudah ada di mana-mana. Kalau hendak beli emas di Galeri 24 secara langsung, jangan lupa bawa kartu identitas diri, ya. Galeri 24 sendiri adalah anak perusahaan dari PT Pegadaian sehingga setiap emas yang dijual pasti resmi dan asli.


Jadi, beli emas hanya di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!